November 26, 2020

portalserradaestrela

portalserradaestrela Blog

Tak hanya Menerangkan Status Kebekerjaan, Berikut Fungsi Lain dari Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja memiliki fungsi utama sebagai bukti bahwa seseorang aktif bekerja atau pernah bekerja pada suatu perusahaan. Contoh surat keterangan kerja ini banyak dicari oleh pada karyawan untuk mengurus berbagai persyaratan administratif saja tetapi juga oleh para Human Resource Division (HRD) yang memudahkan penilaian dalam proses penerimaan karyawan baru. Selain itu, adakah fungsi lain dari surat keterangan kerja ini?

https://www.suratresmi.net/

Fungsi Surat Keterangan Kerja  

Selain fungsi utama di atas, surat keterangan kerja juga memiliki fungsi lain yang kemudian menjadi dasar penulisan. Anda bisa melihat beberapa contoh surat keterangan kerja yang menggunakan sistematika penulisan berbeda sesuai dengan tujuan pembuatannya. Beberapa fungsi lain dari surat keterangan kerja ini diantaranya:

  1. Informasi Kinerja

Bisa saja surat keterangan kerja ini memuat informasi tentang data diri serta penilaian umum yang berkaitan dengan kinerja pihak yang bersangkutan alias karyawan mulai dari awal bergabung hingga ia mengundurkan diri, baik berstatus sebagai karyawan tetap maupun karyawan kontrak. Tak heran jika kemudian surat ini hanya diberikan untuk karyawan yang berkelakuan baik atau mengundurkan diri dengan catatan yang baik pula.

  1. Salah Satu Bentuk Apresiasi oleh Perusahaan

Surat resmi ini bisa jadi begitu bernilai bagi karyawan yang masih berusia muda atau di bawah 25 tahun, mengingat probadi yang masih dalam usia ini cenderung menyukai tantangan dan enggan diam di zona nyaman. Surat keterangan kerja pun bisa menjadi raport kerja mereka karena juga menjadi dokumen apresiasi dari perusahaan sebelumnya. Dengan kata lain, dokumen ini bisa menjadi modal untuk melamar ke perusahaan yang lebih besar.

  1. Sebagai Persyaratan untuk Jaminan Sosial, Pajak maupun Bank

Perlu Anda ketahui bahwa surat keterangan memiliki berbagai format berbeda yang disesuaikan dengan peruntukannya. Bagi karyawan yang masih aktif, surat keterangan kerja mereka umumnya menggunakan format yang ditujukan untuk persyaratan pendaftaran jaminan sosial, pajak maupun administratif transaksi perbankan. Artinya, format surat keterangan kerja yang diterima karyawan aktif akan berbeda dengan karyawan yang sudah putus hubungan kerja.

  1. Syarat Administrasi dalam Recruitment

Pihak HRD dapat menggunakan surat keterangan kerja ini sebagai acuan seberapa jauh pengalaman kerja para pelamar kerja sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Tak hanya di dunia kerja, surat keterangan ini juga sering digunakan dalam dunia pendidikan, misalnya bagi para profesional yang ingin menempuh pendidikan ke yang lebih tinggi. Tak jarang bidang studi tertentu mensyaratkan pengalaman kerja dalam penerimaan calon mahasiswa mereka.

  1. Syarat Beasiswa

Tak jauh berbeda dari contoh di atas, surat keterangan kerja juga sering menjadi persyaratan dalam pengajuan beasiswa. Umumnya beasiswa profesional memiliki prasyarat kepada calon penerimanya utnuk memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan kerja.

Bagaimana, sudah mengetahui apa saja fungsi lain dari surat keterangan kerja ini? Setelah memahami fungsinya, Anda pun menjadi lebih mudah dalam mencari contoh surat keterangan kerja ini sesuai dengan kebutuhan.